18/05/12

bahaya dalam pendakian


Ada banyak ancaman yang dihadapi dalam mendaki gunung, dan setiap dari mereka bisa meningkat secara eksponensial dengan ketinggian meningkat (tinggi gunung). 
1.Cedera (atau kematian) dari jatuh, termasuk yang disebabkan oleh slip atau dengan angin
2.Cedera atau mati lemas dari batu, es, atau salju jatuh pada Anda
3.Cedera dari tenaga (jantung, otot)
4.Cedera dari suhu ekstrim (terutama hipotermia dan radang dingin)
5.Cedera yang terkait dengan menghirup udara tipis (jantung, paru-paru, otot, otak)
6.Efek dari penyakit yang tidak diobati, atau kurangnya perawatan medis
7.Visi kerugian dari silau (snowblindness)
8.Kurangnya makanan (dan pada bebdrapa gunung, air)
9.Peralatan cedera yang berhubungan
10.Tenggelam
11.Terkadang cedera, lalai, atau sengaja oleh pendaki lainnya


- Beberapa kondisi berbahaya adalah longsoran, rockfalls, gempa bumi *, es badai, badai debu, dan banjir bandang. Efek fisik bisa berupa radang dingin, hipotermia, serangan panas, dehidrasi, dan kram. Badai dapat mengurangi visibilitas memanjat, dan sinar matahari cerah dapat menyebabkan snowblindness sementara.
- Jika seorang pendaki terjebak di gunung, atau hilang, kelaparan adalah suatu kemungkinan. Mereka memakai obat mungkin kehabisan jika pendakian membutuhkan waktu lebih lama daripada yang diantisipasi.
- Pada ketinggian tinggi, penyakit ketinggian dapat menyebabkan kelesuan, penilaian miskin, atau disorientasi.
- Argumen, perkelahian, atau tindakan lain yang dapat berbahaya di tempat lain mungkin berakibat fatal di atas gunung, di mana tidak ada perawatan medis segera. Keputusan oleh semua orang pemimpin kelompok mungkin membahayakan, atau individu mungkin membahayakan pendaki lainnya bergantung padanya.

Ini bukan daftar lengkap tapi mencakup sebagian besar bahaya utama dari gunung. Pendaki yang berpengalaman biasanya akan jumpai sebagian besar dari mereka.

di bawah ini adalah contoh dari bahaya mendaki gunung.



Bahaya Climbing Mt Rainier 85

Mt. Rainier menara di atas pegunungan Cascade dari negara bagian Washington di 14.410 kaki. Hal ini sayang disebut sebagai 'gunung' oleh Washingtonians. Ini adalah puncak paling glaciated di 48 negara lebih rendah. Seperti gunung besar memiliki daya tarik yang jelas untuk pendaki di seluruh dunia. Banyak pendaki Gunung Rainier menggunakan sebagai tempat pelatihan untuk pegunungan yang lebih besar seperti Gunung McKinley, Aconcagua, dan bahkan Gunung Everest. Lebih dari 10.000 orang mencoba untuk mendaki itu setiap tahun dan lebih dari setengah dari orang-orang tidak membuat puncak. Setiap tahun ada penyelamatan, cedera, dan bahkan kematian di Gunung Rainier. Mendaki gunung membawa seperangkat unik risiko dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasinya. Mendaki gunung sebagai besar dan berbahaya seperti Gunung Rainier ante up cukup sedikit. Apakah Anda pikir Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menavigasi bahaya berikut?

Cuaca

Sebuah gunung sebesar Gunung Rainier dapat menghasilkan cuaca sendiri. Hangat, udara lembab mengalir dari laut dan hits gletser dingin dan bangkit menghadapi gunung. Apakah yang dimaksud dengan hari burung dinyatakan biru di dasar gunung bisa menjadi badai salju dengan kecepatan angin badai berlaku pada puncak. Angin kencang, salju, hujan, badai salju, dan suhu beku semua bisa berkontribusi terhadap bahaya tebing, terlepas dari musim. Cuaca dapat berubah dengan cepat juga, penangkapan tim tidak siap dalam situasi yang sangat genting. Ada didokumentasikan contoh pendaki mencari perlindungan di puncak Gunung Rainier di knalpot belerang hangat gunung berapi selama berhari-hari menunggu di luar badai. Salju terbang, angin, dan jarak pandang yang buruk dapat membuat penyelamatan mungkin.

Longsoran

Gunung Rainier ini sangat glaciated dan tertutup salju. Bahkan di musim panas salju dapat jatuh di bawah kondisi yang tepat. Setiap kali Anda memiliki salju di pegunungan Anda perlu menjaga bahaya longsoran di bagian belakang pikiran Anda. Terutama di awal (musim semi) musim pendakian Rainier bisa mendapatkan beku keras diikuti dengan hujan salju yang signifikan yang mengarah ke snowpack sekali tidak stabil. Sebuah slab besar dapat dilepaskan setiap saat selama hari ketika gunung tersebut ditumbuk oleh matahari. Pada tahun 2010 sebuah longsoran besar datang di tengah-tengah gletser di jalur pendakian utama di Gunung Rainier melukai beberapa orang dan membunuh dua lagi.


Sebuah jurang.
Crevasses

Gletser pada dasarnya adalah sungai es yang mengalir dari gunung. Seperti gravitasi menarik di atas es, itu mengalir 'terus ke bawah. Seperti tikungan atau turun tajam itu dapat masuk ke celah yang dalam yang dikenal sebagai ceruk-es. Pada musim dingin dan awal musim ini celah dapat tertutup salju. Seperti salju mencair ini 'jembatan' dapat menjadi lemah dan pendaki tidak menyadari bisa jatuh jauh ke dalam satu. Selain bahaya yang jelas dari jatuh jauh ke dalam lubang, suhu di dalam jurang jauh lebih rendah dari pada permukaan gletser dan seorang pendaki harus dapat mencegah hipotermia saat bekerja dengan seluruh tim tali untuk keluar dari jurang tersebut .

Sebuah Jatuh Rope Tim

Sebuah tim pendaki yang diikat oleh tali memanjat sebagai perlindungan terhadap jatuh ke dalam jurang. Idealnya jika satu orang jatuh anggota tim lainnya akan mampu 'menangkap' jatuhnya mereka dengan penahan ke dalam salju dan es dengan kapak es mereka. Jika kondisi sangat dingin dan tim tali Anda perjalanan menemukan dan membentuk gletser, salah satu anggota yang tergelincir dan jatuh berpotensi dapat menarik seluruh tim ke dalam slide menuruni gunung. Rocks, ceruk-es, es, mitra Anda mendaki, dan semua peralatan tajam dan berat pada kemasan Anda menjadi potensi bahaya.

Ketinggian

Ketika Anda naik lebih tinggi ada oksigen kurang dan kurang untuk bernapas. Tubuh Anda bereaksi dalam berbagai cara untuk mengkompensasi hal ini kekurangan oksigen. Anda mendapatkan sakit kepala, kehabisan napas, sulit berpikir jernih, melihat hal-hal yang tidak ada, dan bisa menjadi hitam. Semua kondisi ini tinggi sangat berbahaya di gunung jauh dari keamanan rumah sakit. Ketinggian mempengaruhi setiap orang berbeda. Beberapa orang bahkan tidak menyadarinya di puncak Gunung Rainier dan orang lain sakit kepala membelah di hanya 7.000 kaki.


Batuan jatuh, dan seracs yang akan jatuh akhirnya.
Rock dan Kejatuhan Es

Pada siang hari matahari dan cuaca lebih hangat melelehkan salju dan es tinggi di gunung. Air ini mengalir ke celah-celah antara batu. Pada malam hari air ini refreezes dan mengembang. Siklus ini akhirnya bekerja batuan longgar dan mereka jatuh menuruni gunung, sering melintasi jalur pemanjatan yang sangat diperdagangkan. Rocks dapat kecil dan peluru mirip atau sama besar dengan mobil. Juga, potongan besar es, yang disebut 'seracs', bisa bangkit dan akhirnya roboh dan turun gunung. Sebuah gunung glaciated adalah terus bergerak, dengan gravitasi perlahan-lahan menarik ke bawah gunung.

Kelelahan, dehidrasi, kelelahan, dll

Meskipun kondisi yang tampaknya lambat kecepatan dan dingin saat mendaki Gunung Rainier, pendaki masih bisa menjadi terlalu panas, dehidrasi, dan kelelahan. Ketika Anda berada di gletser ada tempat yang aman sangat sedikit untuk berhenti dan beristirahat. Udara, gunung dingin kering Sap tubuh Anda kelembaban dengan setiap napas. Meskipun lingkungan es Anda berkeringat dari pengusahaan memanjat ke atas. Anda dapat dengan cepat menjadi berbahaya dehidrasi dan kelelahan.

Apa Yang Dapat Saya Lakukan Untuk Make It Lebih Aman?

Tidak ada cara-untuk sepenuhnya menghilangkan resiko mendaki gunung seperti Rainier (tapi tidak akan semenarik itu, kan?). Anda hanya bisa berharap untuk mengurangi dan mengelola bahaya. Anda dapat melakukan ini paling berhasil dengan belajar sebanyak mungkin mengenai bahaya yang berbeda dari bertualang ke tempat yang tinggi. Buku dan kursus tentang bahaya longsor, jurang sekolah penyelamatan, mengenakan helm, pelatihan dan berlatih setiap tahun, dan membawa peralatan yang diperlukan untuk menangani keadaan darurat adalah cara-cara untuk memastikan perjalanan yang lebih aman. Anda juga dapat menggunakan sumber daya seperti website, panduan , dan jagawana memanjat untuk mendapatkan sampai dengan informasi rute menit dan kondisi saat ini. Ya, mendaki Gunung Rainier bisa sangat berbahaya, tetapi dengan, pengetahuan peralatan pelatihan yang tepat, dan dapat menjadi petualangan yang sangat menguntungkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar